Thursday, October 8, 2015

MENGENAL VIRUS KOMPUTER




Virus komputer pada dasarnya adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya kedalam program yang lain. Virus akan menulari, mengubah, memanipulasi bahkan merusak program yang disisipi tersebut.

Tapi perlu dicatat bahwa virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dieksekusi. Media penyebaran virus diantaranya : flashdisk, internet, jaringan (LAN atau WAN), attachment pada e­mail, transfer data, software yang freeware, shareware atau bahkan bajakan.

TANDA-TANDA KOMPUTER TERKENA VIRUS

  • Komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya dan itu berlangsung secara konsisten.
  • Komputer tiba-tiba berhenti atau tidak merespon dan hal tersebut sering terjadi.
  • Komputer tiba-tiba restart atau crash dan ini terjadi beberapa menit sekali.
  • Komputer tiba-tiba restart dan tidak bisa berjalan normal kembali.
  • Aplikasi komputer tidak berjalan dengan semestinya. Harddisk atau diskdrive tidak bisa diakses.
  • Aktivitas print tidak bekerja dengan semestinya.
  • Sering terjadi pesan error yang aneh dan tidak biasanya.
  • Sering terlihat menu atau dialog box yang rusak­

CARA MENCEGAH VIRUS

Untuk pencegahan anda dapat melakukan beberapa langkah berikut :
  • Gunakan Antivirus yang anda percayai dengan update terbaru, tidak perduli apapun mereknya asalkan selalu di update, dan nyalakan Auto protect
  • Selalu men-scan semua media penyimpanan eksternal yang akan di gunakan, mungkin hal ini agak merepotkan tetapi jika Autoprotect anti virus anda bekerja maka prosedur ini dapat dilewatkan.
  • Jika Anda terhubung langsung ke Internet cobalah untuk mengkombinasikan Antivirus anda dengan Firewall, Anti spamming, dsb 
  •  
CARA MENGATASI KOMPUTER TERKENA VIRUS
  1. Deteksi dan tentukan dimanakah kira-kira sumber virus tersebut apakah flashdisk, harddisk, jaringan, email dsb, jika anda terhubung ke jaringan maka ada baiknya anda mengisolasi komputer anda dulu (baik dengan melepas kabel atau men-disable dari control panel).
  2. Identifikasi dan klasifikasikan  virus apa yang menyerang komputer anda dengan cara: Gejala yang timbul misalnya pesan file yang corrupt atau hilang, dsb, Scan dengan antivirus anda, jika terkena saat Autoprotect berjalan berarti virus definition di komputer anda tidak memiliki data virus ini, 
  3. Cobalah update secara manual atau mendownload virus definition-nya untuk anda install. Jika virus tersebut memblok usaha anda untuk mengupdatenya maka upayakan untuk menggunakan media lain (komputer) dengan antivirus update terbaru.
  4. Bersihkan, setelah anda berhasil mendeteksi dan mengenalinya maka usahakan segera untuk mencari removal atau cara-cara untuk memusnahkannya di situs-situs yang memberikan informasi perkembangan virus.  Hal ini jika antivirus update-an terbaru anda tidak berhasil memusnahkannya.
  5. Langkah terburuk, jika semua hal diatas tidak berhasil adalah memformat ulang komputer anda.

No comments:

Post a Comment