Tuesday, October 20, 2015

MEMBUKA PASSWORD BIOS TANPA SOFWARE

Demi keamanan, ada kalanya kita harus mem-protect laptop kita.  Salah satu cara terbaik dan banyak di lakukan oleh orang adalah dengan cara memberi password pada sistem BIOS, sehingga orang lain tidak mudah membuka bahkan mengotak-atik laptop milik kita.

Nah, bagaimana kalau seandainya kita memberi password pada BIOS, dan kita sendiri lupa akan passwordnya?

Gampang, and gak perlu ribet browsing sana-sini hanya untuk mencari software pembuka password BIOS.  Bahkan kita juga gak perlu membuka batrai BIOS dan jumper clear BIOSnya.

Mau tau...??? begini caranya..

Hidupkan laptop, dan coba untuk masuk kedalam sistem BIOS yang terpassword tadi.  Akan muncul kotak dialog untuk memasukkan password tentunya bukan..? 


Ketik aja sembarang huruf lalu tekan tombol Enter, dan akan muncul Setup Warning,


Abaikan saja, dengan menekan tombol Enter, ulangi lagi cara yang tadi dan lagi-lagi muncul kotak warning, lakukan hal ini sampai tiga kali.  Nah, untuk ketiga kalinya akan muncul kotak dialog System Disabled,


Berhenti sejenak, perhatikan angka-angka yang tertera di dalam kurung, dan catat kalau perlu, soalnya angka-angka inilah yang nantinya akan kita gunakan untuk membuka password BIOS.

Langkah selanjutnya, coba masuk ke web berikut http://bios-pw.org/



Lalu masukkan angka-angka yang telah kita catat tadi kedalam kotak Code, dan klik Get password, selanjutnya akan muncul,



Langkah berikutnya, matikan laptop dan hidupkan kembali dan coba lagi masuk kedalam sistem BIOS, lalu masukkan salah satu dari kode yang tertera di sebalah kanan. 

Menurut pengalaman saya, dari beberapa kode itu salah satunya pasti ada yang berhasil. Setelah berhasil masuk ke dalam sistem BIOS lakukan setting berikut :


1.  Ubah Supervisor Password
2.  Memasukkan kode password yang berhasil tadi pada Old Password lalu Enter
3.  Kosongkan New Password dan Confirm Password dengan menekan tombol Enter
4.  Tekan F10 atau Save BIOS Setting
5.  Selesai


Demikian dulu yah.. selamat mencoba dan semoga berhasil.  Sukses selalu..!!





No comments:

Post a Comment